Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tari Piring Tradisi Melalui Metode Drill di Kelas XI. F6 SMA N 14 Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah agar diketahui peningkatan hasil belajar tari Piring kuno dengan metode eksperimen pada kelas XI. F6 SMA N 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelompok atau “penelitian tindakan kelas” yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan bantuan alat pendukung berupa alat perekam, kamera dan hasil tes. Data dikumpulkan lewat studi pustaka, observasi, wawancara dan literatur. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemakaian metode latihan dalam pembelajaran tari dapat merangsang semangat dan kinerja siswa dalam proses pembelajaran dan meningkat pada setiap sesinya, rata-rata hasil karya siswa semester I sebesar 72,1% dengan kriteria baik, pada termin kedua sebesar 74,7% rata-rata persentase kerja belajar siswa dengan kriteria baik, pada termin ketiga yaitu 80,8%. Setelah dilaksanakan siklus II, prestasi belajar siswa naik disetiap semester, rata-rata persentase prestasi akademik siswa pada semester I sebesar 85,1% sangat baik, pada semester II naik jadi 93,8% yang merupakan ukuran sangat baik. Hasil keterampilan praktik siswa dengan skor rata-rata 70,8 hingga 96% mengalami kemajuan sangat baik. Hasil penelitian ini mencapai taraf 85% yang merupakan taraf minimal (KKM) agar aktivitas siswa efektif terhadap hasil belajar siswaDownloads
References
Ahmad, Sabri. (2007). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum. Teaching.
Jakarta : Rineka Cipta.
Asep Jihad, S. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Hidayati, R. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Seni Tari. Jurnal
Pendidikan Seni, 5(2), 45-56.
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning
terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Rosidi, M. (2021). Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Jurnal Seni
dan Budaya, 3(1), 10-20.
Subandi, A. (2019). Model Pembelajaran Aktif dalam Mengembangkan Keterampilan Tari.
Jurnal Pendidikan, 8(3), 30-40.
Sudjana, Nana. (2010). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido
Offset.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24.
Bandung: Alfabeta
Sutrisno, E. (2020). Pengembangan Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Menengah. Jurnal
Pendidikan Seni Rupa, 4(1), 25-35.
Widyastuti, S. (2023). Strategi Pengajaran Tari Tradisional di Era Digital. Jurnal Inovasi
Pendidikan, 6(2), 15-25.
Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran
berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal
Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.
Yanti, R. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tari dengan
Menggunakan Metode Drill di Kelas X Fase E SMAN 2 Hiliran Gumanti. SAAYUN, 2(1).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.