Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tari Piring Tradisi Melalui Metode Drill di Kelas XI. F6 SMA N 14 Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v2i2.101

Authors

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah agar diketahui peningkatan hasil belajar tari Piring kuno dengan metode eksperimen pada kelas XI. F6 SMA N 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelompok atau “penelitian tindakan kelas” yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan bantuan alat pendukung berupa alat perekam, kamera dan hasil tes. Data dikumpulkan lewat studi pustaka, observasi, wawancara dan literatur. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemakaian metode latihan dalam pembelajaran tari dapat merangsang semangat dan kinerja siswa dalam proses pembelajaran dan meningkat pada setiap sesinya, rata-rata hasil karya siswa semester I sebesar 72,1% dengan kriteria baik, pada termin kedua sebesar 74,7% rata-rata persentase kerja belajar siswa dengan kriteria baik, pada termin ketiga yaitu 80,8%. Setelah dilaksanakan siklus II, prestasi belajar siswa naik disetiap semester, rata-rata persentase prestasi akademik siswa pada semester I sebesar 85,1% sangat baik, pada semester II naik jadi 93,8% yang merupakan ukuran sangat baik. Hasil keterampilan praktik siswa dengan skor rata-rata 70,8 hingga 96% mengalami kemajuan sangat baik. Hasil penelitian ini mencapai taraf 85% yang merupakan taraf minimal (KKM) agar aktivitas siswa efektif terhadap hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Sabri. (2007). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Quantum. Teaching.

Jakarta : Rineka Cipta.

Asep Jihad, S. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Hidayati, R. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Seni Tari. Jurnal

Pendidikan Seni, 5(2), 45-56.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning

terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Rosidi, M. (2021). Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Jurnal Seni

dan Budaya, 3(1), 10-20.

Subandi, A. (2019). Model Pembelajaran Aktif dalam Mengembangkan Keterampilan Tari.

Jurnal Pendidikan, 8(3), 30-40.

Sudjana, Nana. (2010). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido

Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24.

Bandung: Alfabeta

Sutrisno, E. (2020). Pengembangan Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Menengah. Jurnal

Pendidikan Seni Rupa, 4(1), 25-35.

Widyastuti, S. (2023). Strategi Pengajaran Tari Tradisional di Era Digital. Jurnal Inovasi

Pendidikan, 6(2), 15-25.

Wulandari, A. R., Masturi, M., & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh media pembelajaran

berbasis youtube terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal

Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779-3785.

Yanti, R. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tari dengan

Menggunakan Metode Drill di Kelas X Fase E SMAN 2 Hiliran Gumanti. SAAYUN, 2(1).

Published

2024-11-01

How to Cite

Hesthia Marchel, Q., & Syeilendra. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tari Piring Tradisi Melalui Metode Drill di Kelas XI. F6 SMA N 14 Padang. SAAYUN, 2(2), 139–148. https://doi.org/10.24036/sy.v2i2.101