Tiara Koreografi Tari Penjemputan Induk Padi Di Sanggar Kuju Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan serta menggambarkan Koreografi Tari Penjemputan Induk Padi di Sanggar Kuju yang terletak di Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Tipe penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti berperan sebagai instrumen utama, dibantu dengan alat bantu seperti alat tulis dan kamera. Metode pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa koreografi Tari Penjemputan Induk Padi dapat dilihat dari dua aspek kunci: proses dan bentuk. Aspek proses mencakup tema, eksplorasi, improvisasi, dan komposisi. Sementara itu, aspek bentuk meliputi gerakan, penari, pola lantai, desain dramatik, properti, musik pengiring, dan kostum. Tari Penjemputan Induk Padi memiliki 20 variasi gerakan dan biasanya ditampilkan oleh lima penari laki-laki yang berusia antara 15 hingga 25 tahun. Properti utama yang digunakan adalah Ambung (keranjang padi) dan kain dengan tiga warna yaitu putih, hitam, dan merah, serta diiringi musik daerah Sarolangun. Kostum tari dirancang menggunakan baju teluk belango yang melambangkan keunikan pakaian menari masyarakat Sarolangun. Penelitian ini menyajikan penjelasan menyeluruh mengenai elemen-elemen koreografi dalam Tari Penjemputan Induk Padi sebagai salah satu bentuk tari kreasi yang bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat Kabupaten Sarolangun.Downloads
References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers
Aprilia, A., & Desfiarni, D. (2023). Manajemen seni pertunjukan di Sanggar Gastarana Kelurahan Garegeh Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi Sumatera Barat. Avant-Garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan, 1(2), 167–176.
Desfiarni, D., & Darmawati, D. (2013). Upaya Pelestarian Tari Podang di Kelurahan Napar Nagari Koto Nan Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh. Jurnal Sendratasik, 2(1), 65-74.
Faiqaersya, S., & Desfiarni, D. (2024). Tari Melayu Sarumpun di Sanggar Sarai Sarumpun Kota Padang: Tinjauan Koreografi. Abstrak:
Herman, H., & Desfiarni, D. (2024). Koreografi Tari Indang Kreasi Versi Sanggar Seni Binuang Sati di Nagari Lubuk Alung Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8953-8960.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murgiyanto, Sal. (1983). Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari. BP Departemen. Pendidikan dan Kebudayaan.
Nerosti. (2021). Mencipta dan Menulis Skrip Tari. Rajawali Pers.Desfiarni, (2004
Putri, R. G., & Desfiarni, D. (2020). Pelestarian Tari Ambek-Ambek Oleh Sanggar Timbulun Koto Basaga Di Nagari Koto Anau Kecamatan Lembang Jaya Kabupaten Solok. Jurnal Sendratasik, 10(1), 227. https://doi.org/10.24036/jsu.v9i2.110550
Soedarsono (1977). Pengantar Pengetahuan Tari. Jakarta. Lagaligo.
Soedarsono, (2012). Peningkatan keterampilan sosial melalui tari kreasi pada anak kelompok B di TK Kartika X-6 Puslatpur Martapura Oku Timur. (As cited in Agustina, T.).
Soedarsono. (1969). Classical Javanese Dance: History and Characterization. Ethnomusicology, 498-506.
Soedarsono. (1977). Tari-Tarian Indonesia I. Jakarta: Proyek Pengembangan Media Kebudayaan Direktorat Jendral Kebudayaan.
Syefriani. (2019). Tari Kreasi Baru Zapin Seribu Suluk Pada Masyarakat Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Utari, A., & Desfiarni, D. (2024). Tari Suluah Bendang Dalam Nagari di Sanggar Pituah Bundo Kota Payakumbuh: Kajian Koreografi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8656-8663.
Widyastutieningrum, S. R. (2018). Reviving wayang orang sriwedari in Surakarta: Tourism-oriented performance. Asian Theatre Journal, 35(1), 99-111.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.