MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DI SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH
Keywords:
Meningkatkan, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Mobile LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Sungai Penuh dengan menggunakan Media Pembelajaran Mobile Learning.Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Discovery Learning. Objek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 2, dengan instrument peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan dan observasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan teknik persentase yang muncul dibagi dari keseluruhan anak yang hadir dikalikan 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembeljaran menggunakan mobile learning dalam pembelajaran seni tari membuat siswa lebih aktif bersemangat dan lebih mudah memahami materi di dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuannya, pada siklus I rata-rata persentase 57%, setelah dilakukan pada siklus II meningkat rata-rata persentase 85,7%. Penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar aspek pengetahuan nilai rata-rata siswa adalah 77% mencapai KKM yang telah ditentukan. Dengan kata lain didapatkan bahwa penggunaan media pembelajaran mobile learnung dalam pembelajaran seni tari sangat efektif, membuat kegiatan pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
A.M, Sardiman.( 2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Arief, S. (2014). Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:Rajawali Pers.
Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1). doi: 10.24036/komposisi.v14i1.3950
Hamalik, Oemar. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara
Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Masalah Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Wirawan, I. M. A. dan Ratnaya I. G. (2011). Pengembangan Desain Pembelajaran MobileLearning Management System pada Materi Pengenalan Komponen Jaringan. JurnalPenelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5(3). 314-324
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.