Ashya Sesvi Divanda Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa di SMPN 1 Kota Solok

https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.125

Authors

Keywords:

Meningkatkan, Hasil Belajar, Seni Tari, STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari siswa kelas 9I SMPN 1 Kota Solok melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang penelitian ini yakni model pembelajaran yang digunakan sebelumnya belum efektif dalam meningkatkan pengetahuan tari siswa, serta interaksi dan kerja sama dalam kelompok masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes pengetahuan, dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 54% pada siklus I menjadi 73% pada siklus II. Rata-rata nilai juga meningkat dari 75,4 (17 siswa tuntas) pada siklus I menjadi 83 (26 siswa tuntas) pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuliasma

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari siswa kelas 9I SMPN 1 Kota Solok melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang penelitian ini yakni model pembelajaran yang digunakan sebelumnya belum efektif dalam meningkatkan pengetahuan tari siswa, serta interaksi dan kerja sama dalam kelompok masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes pengetahuan, dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 54% pada siklus I menjadi 73% pada siklus II. Rata-rata nilai juga meningkat dari 75,4 (17 siswa tuntas) pada siklus I menjadi 83 (26 siswa tuntas) pada siklus II.

References

Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., Cahyuni, R., & Khotimah, K. (2023).

Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas

Mahasiswa, Vol.1 No.2(2), 107.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang

Kreatif dan Efektif. In Prenada Media.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. In Rajawali Pers.

Yuliasma, Nerosti, Afifah Asriati, & Desfiarni. (2023). Dance Learning Model Using Stories

in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(1), 19–26.

https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.57710

Published

2025-03-01

How to Cite

Ashya, A. S. D., & Yuliasma. (2025). Ashya Sesvi Divanda Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa di SMPN 1 Kota Solok. SAAYUN, 3(1), 144–151. https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.125