Annisa Pembentukan Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Pertiwi 2 Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.118

Authors

  • Annisa Hendrawan Universitas Negeri Padang
  • Yuliasma Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakulikuler seni tari di SMA Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa alat tulis dan kamera. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikurikuler seni tari di SMA Pertiwi 2 Padang dapat terlaksana dengan baik, dan dapat mencapai tujuan karena interaksi yang dibangun oleh pelatih dengan memantau kegiatan siswa. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan dalam ekstrakurikuler seni tari di SMA Pertiwi 2 Padang adalah 1) nilai kedisiplinan dapat dilihat siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, patuh terhadap aturan yang telah disepakati seperti mengganti pakaian dan masuk tepat waktu, 2) kretivitas muncul saat siswa melakukan eksplor gerak, menampilkan ide atau pendapat serta berkreasi terhadap individu maupun kelompok, 3) rasa sosial siswa dapat dilihat dari cara berinteraksi satu sama lain, pelatih dengan siswa dan siswa dengan siswa lainnya, lalu memberikan apresisasi, dan 4) rasa tanggung jawab siswa dapat menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan oleh pelatih, bekerja keras selama proses kegiatan kelompok, dan mampu mengendalikan diri. Menananamkan keempat nilai karakter kepada siswa disetiap pertemuan meskipun masih membutuhkan pembiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Y, M., Mawarni, I. (2021) Kreativitas Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pengaruh Lingkungan sekolah Dalam Pengajaran.

Anggraini, F., Yuliasma, Y., & Iriani, Z. (2018). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Sendratasik, 7(3), 73-80.

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018) Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 5(2), 193-208.

Lestari, P. (2016) Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia 2 Pandensari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71-96.

Maulina, A. (2019) Pendidikan Karakter Dalam Meingkatkan Periaku Peserta Didik Kelas IV Di MIN 9 Bandar Lampung.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141.

Ramsyah, A. A., & Maestro, E. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi dan Drill pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain, 1(4), 82-93.

Sari, Erlina (2018) Upaya Guru Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Pembelajaran PAI Kelas X Tata Busana di SMK N 3 Metro Tp. 2017/2018.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2025-02-12

How to Cite

Hendrawan, A., & Yuliasma. (2025). Annisa Pembentukan Nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SMA Pertiwi 2 Padang. SAAYUN, 3(1), 110–120. https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.118

Most read articles by the same author(s)