Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Tari Melalui Penggunaan Media Youtube di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis

https://doi.org/10.24036/sy.v1i2.30

Authors

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan media Youtube dapat menambah minat belajar siswa dalam pembelajaran Seni Tari. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini memakai 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan. Data dianalisis dengan rumus persentase dan rumus rata-rata. Dalam pelaksanan pembelajarannya dengan menggunakan media Youtube di kelas XI IPS 3 telah mengalami peningkatan. Dalam proses pembelajaran yang awalnya kelas sangat pasif setelah diterapkan media Youtube dalam pembelajaran siswa menjadi fokus dan aktif dalam pembelajaran. Pada pengamatan minat siklus I didapati hasil siswa selalu hadir dalam pembelajaran (58%) tinggi, siswa mendengarkan materi pembelajaran (25%) rendah, siswa antusias mengikuti pembelajaran (34%) tinggi, siswa aktif bertanya dan menjawab pembelajaran (44%) rendah. Sedangkan pada siklus II didapati hasil siswa selalu hadir dalam pembelajaran (60%) tinggi, siswa mendengarkan materi pembelajaran (50%) tinggi, siswa antusias mengikuti pembelajaran (50%) tinggi, siswa aktif dalam bertanya dan menjawab pembelajaran (49%) tinggi. Hasil angket minat siswa dalam pembelajaran tari terjadi peningkatan pada siklus I didapatkan hasil 29% kategori Redah pada siklus II meningkat menjadi 61% kategori Tinggi. Dalam pembelajaran teori minat siswa mengalami peningkatan pada siklus II melalui proses pembelajaran menggunakan media Youtube ini telah mencapai hasil yang telah ditargetkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayati, N. (2013). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Materi Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo.Jurnal Pendidikan

Akuntansi (JPAK), 1(3).

Mulyasa. 2016. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosa karya.

Pagarra, Hamzah. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas V SDN Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi. Makassar: UNM PGSD

Parwati.N.N, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers. Rosala.2016. Konsep Pendidikan dan Pengajaran. Jakarta: Kencana

Sari, I. K., & Asriati, A. (2020).Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari Di SMP Negeri 9 Payakumbuh.Jurnal Sendratasik, 9(1), 1-8.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. re.ed. Jakarta: Rineka

Cipta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M.S., & Rachmadtullah, R. (2016).“The Effect Of Learning Media And Self Regulation To Elementary Student’s History Learning Outcome”.Advanced Science Letter. 22, (12), 4104-4108.

Suryobroto, Sumardi. 1988. Psikologi Kepribadia. Raja Grafindo: Jakarta.

Published

2023-11-30

How to Cite

Selvia, M., & Asriati, A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Tari Melalui Penggunaan Media Youtube di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis. SAAYUN, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.24036/sy.v1i2.30