Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di SMP Negeri 42 Padang Kota Padang
Keywords:
Hasil Belajar, Seni Tari, Media Audio VisualAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasilLbelajarLsiswa kelas VIII 1 menggunakan media audio visual pada mata pelajaran seni budaya (tari) di SMP Negeri 42 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan (plan), tindkaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terbagi kedalam 4 kali pertemuan. Objek penelitian siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 42 Padang. Instrument penelitian lembar penilaian aktifitas belajar terdiri dari indikator keaktifan, keseriusan, percaya diri dan kerjasama, instrument kedua berbentuk penilaian keterampilan (praktek) siswa. Teknik analisis data berupa rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan aktivitasLbelajarLsiswa dengan menggunakan media audio visual mampu meningkat dalam hal keaktifan, keseriusan, percaya diri dan Kerjasama yang baik dalam menampilkan gerak tari. Hasil aktivitasLbelajarLsiswa padaLsiklusLI memperoleh nilai terendah yaitu 4 point dan nilai tertinggi sebesar 11 point secara keseluruhan padaLsiklusLI memperoleh nilai kurang baik (50%) sedangkan padaLsiklusLII mengalami peningkatan dengan perolehan nilai terendah yaitu 8 point sedangkan nilai tertinggi yaitu 11 point secara keseluruhan padaLsiklusLII diperoleh nilai kategori baik (81%). Hasil keterampilan (praktek) siswa padaLsiklusLI termasuk kategori rendah dengan nilai terendah yaitu 35 point dan nilai tertinggi yaitu 80 point dengan perolehan 4 orang siswa tuntas (13%), setelah dilakukan refleksi padaLsiklusLII siswa mulai memahami materi yang disampaikan melalui media audio visual sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dimana diperoleh nilai terendah adalah 70 point sedangkan nilai tertinggi 100 point dengan perolehan siswa tuntas sebanyak 27 orang (90%) sesuai standar KKM sekolah.Downloads
References
Asriati, A., & Desfiarni, D. (2017). Model Tari Minangkabau dalam Konteks ABS-SBK.
Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia
Dini.
Komposisi:
Jurnal
Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1).
https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950
Astuti, F. (2021). Exploring local wisdom from youtube: An investigation on the indonesian
higher education students’ dance performance across gender. Cakrawala Pendidikan,
(1), 230–241. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.32426
Magdalena, M., Triana, D. D., & Sari, K. M. (2021). Media audioLvisual Dalam Pembelajaran
Seni Tari. Journal of Dance and Dance Education Studies, 1(2), 31-38.
Nurrita,
T.
(2018).
Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan
hasilLbelajarLsiswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasilLbelajarLsiswa pada materi perbandingan
berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah
Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.
Wardani, L. (2019). Penggunaan Media audioLvisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni
Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo.
Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 1-4.
Wjaya, K. A. (2016). Pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio-visual dalam
mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal
Seni Tari, 5(1).
Yuliasma, Y. (2019). Model Pembelajaran TAGUNTA di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation,
Universitas Negeri Padang).
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.