Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di SMP Negeri 42 Padang Kota Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v2i2.57

Authors

Keywords:

Hasil Belajar, Seni Tari, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasilLbelajarLsiswa kelas VIII 1 menggunakan media audio visual pada mata pelajaran seni budaya (tari) di SMP Negeri 42 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan (plan), tindkaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terbagi kedalam 4 kali pertemuan. Objek penelitian siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 42 Padang. Instrument penelitian lembar penilaian aktifitas belajar terdiri dari indikator keaktifan, keseriusan, percaya diri dan kerjasama, instrument kedua berbentuk penilaian keterampilan (praktek) siswa. Teknik analisis data berupa rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan aktivitasLbelajarLsiswa dengan menggunakan media audio visual mampu meningkat dalam hal keaktifan, keseriusan, percaya diri dan Kerjasama yang baik dalam menampilkan gerak tari. Hasil aktivitasLbelajarLsiswa padaLsiklusLI memperoleh nilai terendah yaitu 4 point dan nilai tertinggi sebesar 11 point secara keseluruhan padaLsiklusLI memperoleh nilai kurang baik (50%) sedangkan padaLsiklusLII mengalami peningkatan dengan perolehan nilai terendah yaitu 8 point sedangkan nilai tertinggi yaitu 11 point secara keseluruhan padaLsiklusLII diperoleh nilai kategori baik (81%). Hasil keterampilan (praktek) siswa padaLsiklusLI termasuk kategori rendah dengan nilai terendah yaitu 35 point dan nilai tertinggi yaitu 80 point dengan perolehan 4 orang siswa tuntas (13%), setelah dilakukan refleksi padaLsiklusLII siswa mulai memahami materi yang disampaikan melalui media audio visual sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dimana diperoleh nilai terendah adalah 70 point sedangkan nilai tertinggi 100 point dengan perolehan siswa tuntas sebanyak 27 orang (90%) sesuai standar KKM sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

fuji astuti

Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasilLbelajarLsiswa kelas VIII 1 menggunakan media audio visual pada mata pelajaran seni budaya (tari) di SMP Negeri 42 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan (plan), tindkaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terbagi kedalam 4 kali pertemuan. Objek penelitian siswa kelas VIII 1 SMP Negeri 42 Padang. Instrument penelitian lembar penilaian aktifitas belajar terdiri dari indikator keaktifan, keseriusan, percaya diri dan kerjasama, instrument kedua berbentuk penilaian keterampilan (praktek) siswa. Teknik analisis data berupa rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan aktivitasLbelajarLsiswa dengan menggunakan media audio visual mampu meningkat dalam hal keaktifan, keseriusan, percaya diri dan Kerjasama yang baik dalam menampilkan gerak tari. Hasil aktivitasLbelajarLsiswa padaLsiklusLI memperoleh nilai terendah yaitu 4 point dan nilai tertinggi sebesar 11 point secara keseluruhan padaLsiklusLI memperoleh nilai kurang baik (50%) sedangkan padaLsiklusLII mengalami peningkatan dengan perolehan nilai terendah yaitu 8 point sedangkan nilai tertinggi yaitu 11 point secara keseluruhan padaLsiklusLII diperoleh nilai kategori baik (81%). Hasil keterampilan (praktek) siswa padaLsiklusLI termasuk kategori rendah dengan nilai terendah yaitu 35 point dan nilai tertinggi yaitu 80 point dengan perolehan 4 orang siswa tuntas (13%), setelah dilakukan refleksi padaLsiklusLII siswa mulai memahami materi yang disampaikan melalui media audio visual sehingga terjadi peningkatan hasil belajar dimana diperoleh nilai terendah adalah 70 point sedangkan nilai tertinggi 100 point dengan perolehan siswa tuntas sebanyak 27 orang (90%) sesuai standar KKM sekolah.

References

Asriati, A., & Desfiarni, D. (2017). Model Tari Minangkabau dalam Konteks ABS-SBK.

Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia

Dini.

Komposisi:

Jurnal

Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1).

https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950

Astuti, F. (2021). Exploring local wisdom from youtube: An investigation on the indonesian

higher education students’ dance performance across gender. Cakrawala Pendidikan,

(1), 230–241. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.32426

Magdalena, M., Triana, D. D., & Sari, K. M. (2021). Media audioLvisual Dalam Pembelajaran

Seni Tari. Journal of Dance and Dance Education Studies, 1(2), 31-38.

Nurrita,

T.

(2018).

Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan

hasilLbelajarLsiswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis hasilLbelajarLsiswa pada materi perbandingan

berdasarkan ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah

Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.

Wardani, L. (2019). Penggunaan Media audioLvisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni

Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo.

Indonesian Journal of Basic Education, 2(1), 1-4.

Wjaya, K. A. (2016). Pembelajaran seni tari dengan menggunakan media audio-visual dalam

mata pelajaran seni budaya kelas XI di SMA Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal

Seni Tari, 5(1).

Yuliasma, Y. (2019). Model Pembelajaran TAGUNTA di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation,

Universitas Negeri Padang).

Published

2024-11-01

How to Cite

Aulia, A. N. R. K., & fuji astuti. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di SMP Negeri 42 Padang Kota Padang. SAAYUN, 2(2), 103–126. https://doi.org/10.24036/sy.v2i2.57