Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Tari Kreasi Kelas XI di Madrasah Aliah Negri 2 Solok Selatan Plus Keterampilan

https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.59

Authors

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pe¬ngaruh penerapan metode cooperative learning terhadap hasil belajar tari krasi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen. Teknik Pengumpulan Data Pengumpulan data adalah prosedur yang sistematik dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Ada beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik Analisis Data Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan ialah teknik uji perbandingan rata-rata hasil belajar sesuai formula Uji-t. Karena sekarang ini, sudah banyak yang menggunakan uji formula (rumus) yang sama dalam pengolahan menggunakan software komputer, maka anilisis data dalam penelitian ini juga menggunakan software yang dimaksud yaitu dengan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut terdapat perbedaan hasil belajar seni budaya (tari) siswa antara penggunaan Metode Cooperative Learning dengan konvensional pada pembelajaran semester genap di man 2 solok selatan plus keterampilan Hal ini dibuktikan dengan malakukan pengujian hipotesis dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan alpha (taraf kepercayaan) sebesar 0,05. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 87,7777 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 76,1111. maka selisih kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 9,95. Dengan di dapatkan nilai uji-t sebesa(4.497) Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata siswa yang menggunakan metode Cooperative Learning dengan konvensional besar selisihnya yaitu 9,95 dan uji-t sebesar (4.497) yang artinya ada pengaruh penggunaan metode cooperative learning dalam hasil belajar seni budaya(tari) pada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

fuji astuti

Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui pe¬ngaruh penerapan metode cooperative learning terhadap hasil belajar tari krasi kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan eksperimen. Teknik Pengumpulan Data Pengumpulan data adalah prosedur yang sistematik dan standar untuk memperoleh data yang diperlukan. Ada beberapa metode pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik Analisis Data Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan ialah teknik uji perbandingan rata-rata hasil belajar sesuai formula Uji-t. Karena sekarang ini, sudah banyak yang menggunakan uji formula (rumus) yang sama dalam pengolahan menggunakan software komputer, maka anilisis data dalam penelitian ini juga menggunakan software yang dimaksud yaitu dengan program SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut terdapat perbedaan hasil belajar seni budaya (tari) siswa antara penggunaan Metode Cooperative Learning dengan konvensional pada pembelajaran semester genap di man 2 solok selatan plus keterampilan Hal ini dibuktikan dengan malakukan pengujian hipotesis dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan alpha (taraf kepercayaan) sebesar 0,05. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yaitu 87,7777 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol yaitu 76,1111. maka selisih kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 9,95. Dengan di dapatkan nilai uji-t sebesa(4.497) Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara rata-rata siswa yang menggunakan metode Cooperative Learning dengan konvensional besar selisihnya yaitu 9,95 dan uji-t sebesar (4.497) yang artinya ada pengaruh penggunaan metode cooperative learning dalam hasil belajar seni budaya(tari) pada siswa.

References

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slavin, R. E. (2005). cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa. Media.

Published

2024-08-15

How to Cite

valen, V. F., & fuji astuti. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Cooperative Learning Terhadap Hasil Belajar Tari Kreasi Kelas XI di Madrasah Aliah Negri 2 Solok Selatan Plus Keterampilan . SAAYUN, 2(2). https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.59