Penerapan Model Discovery Learning Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Pembelajaran Seni Tari Di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning pada pembelajaran seni tari di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tindakan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang terbagi ke dalam 4 kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan (kognitif) dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisi dengan menggunakan rumus persentase. Hasil aktivitas belajar siswa secara keseluruhan pada siklus I memperoleh nilai kurang baik 18 dengan persentase 6,3%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan nilai 26,3 dengan persentase 9,2% dengan peningkatan yang sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rat hasil belajar siswa diperoleh 66,3 terdapat 7 siswa yang tuntas dengan persentase 20% dan 28 siswa tidak tuntas dengan persentase 80%, setelah dilakukan refleksi pada siklus II siswa mulai memahami materi yang disampaikan melalui penerapan model discovery learning sehingga terjadi peningkatan hasil belajar, dimana diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa 86,5 terdapat 35 siswa yang tuntas dengan persentase 100% (melebihi target dari perencanaan awal yaitu 85%). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model discovery learning pada pembelajaran seni tari di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
References
Astuti, F. (2013). Pengetahuan dan Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini. Early Human
Development, 83(1).
Ardilawaty, Suci, Zora Iriani, Yuliasma. (2018). Penerapan Metode Discovery untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di Kelas VII. 10 SMP
Negeri 18 Padang. E-Jurnal Sendratasik. 7 (1). 29-34.
Dewi, Nadya Tiara. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya (Tari Kreasi Baru)
Melalui Model Discovery Learning di Kelas XI MIPA I SMA Handayani Pekan Baru.
Universitas Islam Riau Pekan Baru.
Kurniati, Sri. 2022. Metode Pembelajaran LBS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa. Tegal: Penerbit NEM
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan.
Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402-413.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran
Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan
Tambusa, 4(3), 2191.
Nurrahmayani, N., & Yusni, Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(2), 14180-14186.
Putri, I. S., Juliani R., Lestari I. N. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91
Prasetyo, A.D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model
Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724.
Putri, Refina Adeka, Fuji Astuti. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam
Pembelajaran Seni Tari dengan Menggunakan Metode Discovery di SMP Negeri 3
Padang. E-Jurnal Sendratasik. 10 (2). 99-109.
Syah, Rahmat, Dody syam sumantri, Syarifuddin, Rahmaniyah. (2023). Model Pembelajaran
Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS I SMA
Negeri 9 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS). 1 (2). 188-192.
Saayun, Vol 2 No 2, 2024
Saayun: Jurnal Ilmiah Pendidikan Tari
Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya Offset.
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan
Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Yuliana, Nabila. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam
Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan
Pembelajaran. 2 (1). 21-28.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.