Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) di Mtsn 1 Padang Pariaman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran seni budaya (seni tari) di MTsN 1 Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan didukung dengan alat tulis, Smartphone, laptop dan tes. Data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, serta dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran seni budaya (seni tari) pada siswa kelas VII.6 di MTsN 1 Padang Pariaman terdiri dari 4 indikator, antara lain: disiplin, rasa ingin tahu, kreatif dan bertanggung jawab. Disiplin dapat dilihat bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik meningkat pada setiap pertemuannya seperti kehadiran dan menaati aturan selama pembelajaran. Rasa ingin tahu peserta didik yang awalnya masih malu untuk bertanya, mulai muncul pada setiap pertemuan dengan keinginan untuk bertanya kepada guru. Kreatif muncul pada saat pembelajaran praktik, yang mana siswa aktif dalam membuat beberapa gerakan secara berkelompok. Tanggung jawab mengalami peningkatan setiap pertemuannya seperti pengumpulan tugas tepat waktu dan kekompakan siswa dalam bererjasama secara berkelompok. Upaya guru dalam menerapkan karakter peserta didik adalah menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, memantau kegiatan belajar peserta didik dengan cara guru mengingatkan tugas-tugas serta catatan peserta didik dengan begitu siswa merasa diamati dalam setiap proses pembelajannya, memberi peluang kepada peserta didik dalam menyampaikan ide/pendapatnya guru memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam menyampaikan ide atau pendapatnya dengan latihan secara berkelompok dan menghargai capaian peserta didik, guru selalu memberikan apresiasi serta pujian kepada peserta didik yang aktif bertanya dan mau untuk berusaha pada setiap kegiatan yang dilakukan.Downloads
References
Astuti, Fuji. (2016). Pengetahuan dan teknik menata tari untuk anak usia dini. Kencana.
Astuti, Fuji. (2019). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdit Permata
Bunda lii Bandar Lampung. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Cucu Sutianah. (2022). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Qiara Media.
https://books.google.co.id/books?id=b0BgEAAAQBAJ
Gunawan, H. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (A. Saepulrohim
(ed.)). Alfabeta,CV.
Habsary, D., Bulan, I., & Setiawan, A. Y. (2022). Penelitian Nilai Karakter dalam Pembelajaran
Seni Tari: Konsep dan Metode. Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 47-53.
Hendriani, D. (2016). Pengembangan Seni Budaya & Keterampilan. Penerbit Ombak.
Indrayuda. (2014). Tari Sebagai Budaya dan Pengetahuan (UNP Press (ed.)). 2013.
Kurniawan, S. (2016). pendidikan karakter konsepsi & implementasi secara terpadu di
lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, & masyarakat (R. KR (ed.); AR-RUZZ
ME).
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (32nd ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2016, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa.
(2022).
Manajemen Pendidikan Karakter. bumi aksara group.
https://books.google.co.id/books?id=GT6AEAAAQBAJ
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor – Faktor Pembentuk Karakter
Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa
Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105
Rudiyanto, A. (2019). Rasa Ingin Tahu pada Penilaian Sikap. Kebijakan Dan Pengembangan
Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0, September, 235–242.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sutiah.
(2020).
Teori
Belajar
dan
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.