Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VII SMP 40 Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.92

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar mengetahui dan mendeskripsikan pemakaian teknik demonstrasi untuk menambah minat siswa dalam pembelajaran seni budaya di kelas VII 40 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 2 periode yang masing-masing periode terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Alat penelitian ini berupa kertas observasi, post-test, tes keterampilan (latihan). Data dikumpulkan lewat observasi, tes dan dokumen. Data dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran tari dengan metode p demonstrasi bisa menambah hasil belajar siswa kelas VII SMP 40 Padang. Kegiatan pembelajaran siswa adalah pembelajaran dengan metode demonstrasi yang meningkatkan minat siswa dalam berlatih setelah guru ingin melakukan penyajian gerak tari dengan benar sehingga siswa tetap mampu melakukan gerakan tersebut. Berdasarkan perhatian siswa yang memperhatikan gerak tari yang diperlihatkan oleh guru. dan partisipasi siswa yang bertanya kepada guru tentang tarian yang diajarkan. Peningkatan prestasi siswa sebesar 61% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Hasil akademik siswa masih rendah pada siklus I, nilai rata-rata sebesar 66,6 dan 64%, setelah dilakukan refleksi dan penambahan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 81 dan 95%

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja. Grafindo Persada.

Andriansyah, E. H. (2020). Mengembangkan sikap positif dan pemahaman siswa melalui pembelajaran kontekstual dengan metode demonstrasi atau field trip. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 9(1), 81-89.

Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina. Aksara.

Basyiruddin Usman. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau. Jurnal Sendratasik, 11(3), 391-401.

Masduri, M. (2014). Memahami Konsep Matematika Pada Materi Sifat-Sifat bangun Ruang Pada Kelas VB Melalui Kolaborasi Metode Ceramah Demonstrasi dan Eksperimen. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-135.

Nurmala, Ayu Desi. dkk. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Singaraja. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.Sanjaya W (2006

RM., Yoyok, Siswandi. (2008). Pendidikan Seni Budaya 2 Kelas VIII SMP. Jakarta: Yudhistira.

Sari, A. P., & Astuti, F. (2023). Menumbuhkan Nilai Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Padang. SAAYUN, 1(1), 76-84.

Srininsih, E. (2015). Penerapan Teknik Vokal yang Baik dan Benar dengan Menggunakan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Mata Pelajaran Seni Budaya pada Siswa Kelas VII Bilingual di SMPN 4 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 1(2).

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Published

2024-03-01

How to Cite

Faradela, M., & Astuti, F. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VII SMP 40 Padang. SAAYUN, 2(1), 27–37. https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.92