Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari dengan Menggunakan Media Berbasis Teknologi (Youtube) pada Kelas VII di SMP Angkasa Lanud Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pemanfaatan media visual dan audio (YouTube) dalam meningkatkan capaian belajar siswa di pelajaran Seni Tari kelas VII di SMP Angkasa Lanud Padang. Tipe penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, dokumentasi, dan tes. Alat yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, yang berfungsi untuk memonitor kegiatan siswa saat belajar dengan media YouTube. Analisis data dilakukan dengan memakai rumus persentase. Temuan dari penelitian membuktikan bahwa pembelajaran seni tari yang memanfaatkan media YouTube bisa menambah prestasi belajar siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang. Aktivitas belajar siswa bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis youtube dapat meningkat dilihat dari keinginan siswa dalam pembelajaran setelah guru yang bertindak langsung memaparkan materi semakin tertarik sehingga siswa terus aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I yang masih tergolong rendah dimana nilai rata- ratanya adalah 75,46 dengan persentase 62,86%, setelah melakukan refleksi dan terjadi peningkatan pada siklus II dimana nilai rata-ratanya yaitu 85,43 dengan persentase 94,29%.Downloads
References
Angraini, M., & Astuti, F. (2024). Media Audio Visual Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Seni
Tari Siswa Di Sma Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. EDUKASI:
Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia, 1(1), 35–43.
Arsyad, M. N., & Fatmawati, F. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia
Interaktif Terhadap Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan
Pembelajarannya, 8(2), 188. https://doi.org/10.25273/ajsp.v8i2.2702 (Erlina, 2023
Astuti, F. (2016). Pengetahuan & Teknik Menata Tari Untuk Anak Usia Dini (edisi pert).
KENCANA.
Azizah, S. N. (2023). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Tari Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA 3 SMAN 1 Ulakan Tapakis Kabupaten
Padang Pariaman The Use Of Audio Visual Media In Learning The Arts Of Dance To
Improve Student Learning Out. 1(6).
Azzahra, I. D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran Seni Tari Melalui Model
STAD Kelas VIII SMPN 34 Kerinci. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain,
(2), 19–28.
Darpindo, W., Yahya, Y., & Padang, U. N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Seni
Budaya Materi Seni Rupa Kelas X Berbasis Flipbook di SMA Adabiah 1 Padang.
Hamzah, F. R., & Astuti, F. (2024). Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka Dalam
Pembelajaran Seni Tari Di Kelas VIII SMPN 2 Padang. Filosofi : Publikasi Ilmu
Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(1), 2.
Hardi, E., Ananda, A., & Mukhaiyar, M. (2019). Teori Belajar Humanistik Dan Implikasinya
Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 4(2), 53-60.
Khairunisa, W., Yuliasma, Y., & Desfiarni, D. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa
Dengan Menggunakan Media Audiovisual di Kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Mutiara.
Jurnal Sendratasik, 7(2), 35-41.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas. Penelitian
Ekonomi Syariah. Magelang: Staia Press
Salmaa.
(2023).
Instrumen
penelitian.
https://penerbitdeepublish.com/instrumen-penelitian/
In
Deepublish.
Sari, S. D. P. (2015). Manfaat media pembelajaran berbasis ICT (information and
communication technology) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknodika, 1(1).
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.