Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Seni Tari dengan Menggunakan Metode Cooperatif Learning di Kelas XI SMAN 7 Sijunjung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran kooperatif learning bisa menambah hasil belajar tari kelas XI SMA N 7 Sijunjung. Penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dikumpulkan melalui teknik observasi atau pengamatan secara langsung. Data dianalisis dengan memakai rumus presentase. Metode kooperatif learning dapat menambah hasil belajar mata pelajaran seni budaya (tari) secara teori maupun praktek, bisa dilihat dari naiknya hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Penggunaan metode kooperatif learning ini mendorong siswa untuk saling bekerja sama untuk mendapatkan nilai yang baik untuk individu maupun kelompok. Siswa dibagi jadi 5 kelompok yang terdiri dari 6-7 orang yang berbeda jenis kelamin, memliki kamampuan yang berbeda-beda, dan lain-lain sehingga seluruh siswa dapat saling membantu dan mencapai hasil yang maksimal. Hasil belajar mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata naik dari siklus I dengan rata-rata 71, 96 naik jadi 84.24.
Downloads
References
A.G. Sudarsono, 2005, Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta, Pustaka Pelajar;. Abdul Hakim
Nusantara,
Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana.(2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar. Baru. Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press. Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia
Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950
Astuti, F., & Padang, U. N. (n.d.). Makna Simbolis Sumbang Duo Baleh dalam Seni
Pertunjukan Wanita Minangkabau.
Masunah, Juju & Narawati.(2003). Seni dan Pendidikan Seni. (Sebuah Bunga Rampai) Bandung : Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional (P4ST) Universitas Pendidikan Indonesia.
Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar.Bandung : Bumi Aksara.
Shinta, E. F., Yuliasma, Y., & Susmiarti, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair, Share (TPS) Dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas VII 3 di SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Sendratasik, 4(2),
-46.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung :Sinar. Baru Algensido
Offset.
Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik.Gramedia Widiasarana
Indonesia.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.