Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Seni Tari dengan Menggunakan Metode Cooperatif Learning di Kelas XI SMAN 7 Sijunjung

https://doi.org/10.24036/sy.v1i2.33

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode pembelajaran kooperatif learning bisa menambah hasil belajar tari kelas XI  SMA N 7 Sijunjung. Penelitian ini memakai Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dikumpulkan melalui teknik observasi atau pengamatan secara langsung. Data dianalisis dengan memakai rumus presentase. Metode kooperatif learning dapat menambah hasil belajar mata pelajaran seni budaya (tari) secara teori maupun praktek, bisa dilihat dari naiknya hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Penggunaan metode kooperatif learning ini mendorong siswa untuk saling bekerja sama untuk mendapatkan nilai yang baik untuk individu maupun kelompok. Siswa dibagi jadi 5 kelompok yang terdiri dari 6-7 orang yang berbeda jenis kelamin, memliki kamampuan yang berbeda-beda, dan lain-lain sehingga seluruh siswa dapat saling membantu dan mencapai hasil yang maksimal. Hasil belajar mengalami kenaikan pada siklus I dengan rata-rata naik dari siklus I dengan rata-rata 71, 96 naik jadi 84.24.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.G. Sudarsono, 2005, Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta, Pustaka Pelajar;. Abdul Hakim

Nusantara,

Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana.(2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar. Baru. Asmani, Jamal Ma’mur. 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: DIVA Press. Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia

Dini. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 14(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950

Astuti, F., & Padang, U. N. (n.d.). Makna Simbolis Sumbang Duo Baleh dalam Seni

Pertunjukan Wanita Minangkabau.

Masunah, Juju & Narawati.(2003). Seni dan Pendidikan Seni. (Sebuah Bunga Rampai) Bandung : Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional (P4ST) Universitas Pendidikan Indonesia.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar.Bandung : Bumi Aksara.

Shinta, E. F., Yuliasma, Y., & Susmiarti, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair, Share (TPS) Dalam Pembelajaran Seni Tari Kelas VII 3 di SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Sendratasik, 4(2),

-46.

Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung :Sinar. Baru Algensido

Offset.

Yudhistira, D. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas Yang Apik.Gramedia Widiasarana

Indonesia.

Published

2023-11-30

How to Cite

Mega, S. F., & Astuti, F. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Seni Tari dengan Menggunakan Metode Cooperatif Learning di Kelas XI SMAN 7 Sijunjung. SAAYUN, 1(2), 45–52. https://doi.org/10.24036/sy.v1i2.33