Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki
Abstract
Penelitian ini mengkaji kegunaan teknik demonstrasi dalam meningkatkan pembelajaran seni budaya, dengan penekanan khusus pada mata pelajaran seni tari. Penggunaan pendekatan demonstrasi memiliki potensi untuk meningkatkan nilai belajar siswa di SMA N 1 Kecamatan Suliki, khususnya di kelas XI IPA 3. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang terdiri dari empat kali pertemuan, masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini melibatkan 35 siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Suliki. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian aktivitas belajaryang terdiri dari indikator keaktifan, keseriusan, percaya diri dan kerjasama. Dengan teknik analisis data berupa rumus persentase. Metode pengumpulan data menggukana pengukuran psikomotorik mengukur ruang, waktu, dan energi. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa adalah 62,86%, sedangkan pada siklus II adalah 94,29%. Rata-rata tingkat keterlibatan siswa pada siklus I adalah 40,21%, sedangkan pada siklus II melonjak menjadi 81%. Hasilnya, pembelajaran berbasis demonstrasi meningkatkan prestasi akademik siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki, khususnya pada mata pelajaran seni tari.Downloads
Download data is not yet available.
References
Astuti, F. (2013). Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia Dini.
Komposisi:
Jurnal
Pendidikan
Bahasa,
https://doi.org/10.24036/komposisi.v14i1.3950
Sastra,
Dan
Seni,
Wina, Sanjaya. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Published
2024-11-01
How to Cite
Ardyanti, C. T., & Astuti, F. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. SAAYUN, 2(2), 194–201. https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.91
Issue
Section
Articles
Copyright & Licensing
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.