Menumbuhkan Nilai Karakter dalam Pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 12 Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat, mengetahui, dan mendeskripsikan upaya menumbuhkan nilai karakter dalam pembelajaran seni budaya (sebi tari) pada siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, handphone, dan laptop. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai karakter dalam pembelajaran Seni Budaya (Seni Tari) yang tumbuh dalam diri peserta didik adalah disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan toleransi. Toleransi terlihat saat peserta didik mampu menerima perbedaan pendapat antara sesama dan saling menghargai baik dengan guru maupun sesama mereka, disiplin peserta didik terlihat saat pengumpulan tugas tepat waktu, patuh pada tata tertib dan aturan pembelajaran yang telah disepakati, serta latihan secara berkelompok, kreatif peserta didik muncul saat mereka mengeksplor gerak, menjawab pertanyaan yang diberikan guru, berani menampilkan ide atau pendapat serta berani mengambil keputusan, tanggung jawab peserta didik terlihat saat peserta didik mampu menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan, mampu mengendalikan diri, dan bekerja keras selama proses latihan perkelompok. Sedangkan, upaya yang dilakukan oleh guru untuk menumbuhkan nilai karakter dalam diri siswa, yaitu memodifikasi dan memperkaya bahan ajar melalui media yang bervariasi, memberi peluang kepada peserta siswa dalam menyampaikan ide atau gagasan, memantau kegiatan belajar, serta menghargai capaian prestasi siswa.
Downloads
References
Anggraini, D. A., & Astuti, F. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Gerak Tari Piring.
E-Jurnal Sendratasik, 10(156-167).
FUJI_ASTUTI_BUKU_SENI_TARI_1.pdf. (n.d.).
Hanifa, I., & Astuti, F. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Seni Tari Menggunakan Multimedia
Interaktif Dengan Media Konvensional Pada Siswa Di SMP N 1 Talamau Differences in
Dance Learning Outcomes Using Interactive Multimedia With Conventional Media in
Students
in
SMP N
Talamau.
,
–401.
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/sendratasik/user
Karwono dan Heni Mularsih. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2016. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara
Parwati, Ni Nyoman. Dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Rahmayanti, D., & Astuti, F. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran Seni Tari Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP N 4 Tarusan. Jurnal
Sendratasik, 10, 116–122. https://doi.org/10.24036/js.v10i4.114172
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2023 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.