Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tari Tradisi Melalui Model Cooperative Learning Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang
Keywords:
upaya, peningkatan, hasil belajar, tari tradisi, cooperative learningAbstract
Tujuan dari penelitian ini agar diketahuinya hasil belajar siswa seni budaya (tari) dengan memakai pembelajaran kooperatif dan untuk menambah hasil belajar siswa dengan memakai pembelajaran kooperatif SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian memakai PTK dengan dua siklus. Alat penilaian berupa tes tertulis dan tes praktik. Pengumpulan informasi dilakukan dengan tes tertulis, tes praktik, studi dokumen dan observasi. Data dianalisis dengan rumus persentase. Model pembelajaran kooperatif busa menambah hasil belajar kelas. Kelompok belajar membuat siswa lebih aktif dan berkolaborasi pada menampilkan tarian. Hasil belajar siswa di siklus I tidak tidak terjadi yang signifikan, persentase rata-rata sebesar 74, siswa yang gagal sebanyak 12 siswa dan yang tuntas sebanyak 7 siswa. Penelitian diteruskan pda siklus II untuk memperbaiki cara belajar dan mendorong siswa untuk lebih giat belajar dan latihan. Setelah dilaksanakan rata-rata nilai siklus II adalah 87 dengan rincian 17 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang gagal. Maka rata-rata skor kognitif dan psikomotorik pada siklus 1 adalah 74 dan pada siklus II meningkat jadi 87. Dengan bantuan model pembelajaran sosial hasil pendidikan tari meningkat, karena tujuan yang dicapai berhasil.
Downloads
References
Anita Lie. 2004. Cooperative Learning: Memperaktekan Cooperative Learning di Ruang-
Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo.
Arikunto, S. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Astuti, F. (2016). Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Karya Tari Koreografer Perempuan Di Sumatera Barat: Suatu Tinjauan Gender. Humanus, 12(2), 53. https://doi.org/10.24036/jh.v15i1.6412
Astuti, F. (2021). Pengenalan Pendidikan Seni Tari Pada Anak Taman Kanak-Kanak
Introduction to Dance Education for Children Kindergarten. 10, 9–15.
Fitris, F., Astuti, F., & Iriani, Z. (2018). Minat Siswa Terhadap Seni Tari Dalam Kegiatan
Ekstrakurikuler Tari Di Smp Pembangunan Laboratorium Unp. Jurnal Sendratasik, 7(3),
-57.
Kak Seto. 2004. Bermain & Kreativitas Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak. Melalui
Kegiatan Bermain. Jakarta: Papas Sinar Sinanti.
Nana Sudjana. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Nurhadi dkk.2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.