Arif Korelasi Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Tari di MTsN 2 Padang
Keywords:
korelasi, minat belajar, hasil belajar, pembelajaran tariAbstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui serta mendeskripsikan kolerasi minat siswa terhadap hasil belajar tari di MTsN 2 Padang. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode kolerasi (Hubungan). Penelitian kolerasi dimaksud untuk mengetahui ada ataupun tidaknya hubungan minat siswa terhadap hasil belajar seni tari kelas VII.10 di MTsN 2 Padang. Populasi didalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII.10 MTsN 2 Padang sejumlah 32 siswa yang dimana seluruh populasi langsung menjadi sampel didalam penelitian ini. Instrumen yang diterapkan guna mendapatkan data adalah kuesioner penelitian serta hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai sumatif semester ganjil tahun ajaran Juli-Desember 2024/2025. Temuan pada penelitian ini mengindikasi bahwasanya ditemukan korelasi yang signifikan antara minat siswa terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan oleh nilai rhitung yakni 0,645 serta rtabel yakni 0,349 pada taraf signifikan 5%. Hingga, dapat diambil kesimpulan bahwasanya rhitung lebih tinggi dari pada rtabel. Oleh sebab itu, H0 ditolak sementara HI diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikansi anatara minat dengan hasil belajar tari siswaDownloads
References
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Educational Statistics Theory and Practice in Education.
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar
Fisika.
Science
and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60.
https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil
Belajar Matematika. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(1).
Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Journal Cendekia:
Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.
Jurnal
Pendidikan
Manajemen
https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Perkantoran,
(1),
Saayun, Vol 3 No 1, 2025
Saayun: Jurnal Ilmiah Pendidikan Tari
Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S., & Mujazi, R. M. (2017). Faktor-faktor yang
mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. 9.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabetabta
Bandung.
Syahiba, D., & Yuliasma. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif
Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) Di Kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Student
Scientific
Creativity
amik.v1i6.2376
Journal,
(6),
–321.
Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu
Pembelajaran
Di
Era
Digital.
Jurnal
Staima AlHikam, 3(1), 104–135.
http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng
ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.200
06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBET
UNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Yuliasma. (2015). YULIASMA_Prosiding_ISLA _4 2015.
Yuliasma. (2023). Model Pembelajaran Tari Menggunakan Cerita di Sekolah Dasar. 1, 19–26.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.