Arif Korelasi Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Tari di MTsN 2 Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.108

Authors

Keywords:

korelasi, minat belajar, hasil belajar, pembelajaran tari

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui serta mendeskripsikan kolerasi minat siswa terhadap hasil belajar tari di MTsN 2 Padang. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode kolerasi (Hubungan). Penelitian kolerasi dimaksud untuk mengetahui ada ataupun tidaknya hubungan minat siswa terhadap hasil belajar seni tari kelas VII.10 di MTsN 2 Padang. Populasi didalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII.10 MTsN 2 Padang sejumlah 32 siswa yang dimana seluruh populasi langsung menjadi sampel didalam penelitian ini. Instrumen yang diterapkan guna mendapatkan data adalah kuesioner penelitian serta hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai sumatif semester ganjil tahun ajaran Juli-Desember 2024/2025. Temuan pada penelitian ini mengindikasi bahwasanya ditemukan korelasi yang signifikan antara minat siswa terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan oleh nilai rhitung yakni 0,645 serta rtabel yakni 0,349 pada taraf signifikan 5%. Hingga, dapat diambil kesimpulan bahwasanya rhitung lebih tinggi dari pada rtabel. Oleh sebab itu, H0 ditolak sementara HI diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikansi anatara minat dengan hasil belajar tari siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Educational Statistics Theory and Practice in Education.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar: Kompilasi Konsep. In CV. Pusdikra MJ.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar

Fisika.

Science

and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60.

https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil

Belajar Matematika. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(1).

Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa. Journal Cendekia:

Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149–159.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.

Jurnal

Pendidikan

Manajemen

https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Perkantoran,

(1),

Saayun, Vol 3 No 1, 2025

Saayun: Jurnal Ilmiah Pendidikan Tari

Putri, D. J., Angelina, S., Claudia, S., & Mujazi, R. M. (2017). Faktor-faktor yang

mempengaruhi minat belajar siswa di kecamatan larangan tangerang. 9.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabetabta

Bandung.

Syahiba, D., & Yuliasma. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif

Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya (Tari) Di Kelas XI SMA Negeri 15 Padang. Student

Scientific

Creativity

amik.v1i6.2376

Journal,

(6),

–321.

https://doi.org/10.55606/sscj

Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu

Pembelajaran

Di

Era

Digital.

Jurnal

Staima AlHikam, 3(1), 104–135.

http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng

ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.200

06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBET

UNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Yuliasma. (2015). YULIASMA_Prosiding_ISLA _4 2015.

Yuliasma. (2023). Model Pembelajaran Tari Menggunakan Cerita di Sekolah Dasar. 1, 19–26.

Published

2025-02-12

How to Cite

Setiawan, A., & Yuliasma. (2025). Arif Korelasi Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Tari di MTsN 2 Padang. SAAYUN, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.108

Most read articles by the same author(s)