Hubungan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Tari Siswa SMP Negeri 41 Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.62

Authors

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menggambarkan hubungan antara hasil belajar tari SMP Negeri 41 Padang dengan minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan prosedur asosiasi (hubungan). Tinjauan hubungan ini dimaksudkan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar tari siswa kelas VII SMP Negeri 41 Padang. Sebanyak 161 siswa kelas VII SMP Negeri 41 Padang menjadi subjek dalam kajian ini. Untuk keperluan kajian, dipilih empat puluh siswa kelas VII SMP Negeri 41 Padang secara acak. Pada semester genap tahun ajaran 2023-2024, yaitu bulan Januari sampai dengan bulan Juni, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan informasi adalah angket penelitian dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel dengan taraf signifikansi 5%, nilai r tabel sebesar 0,312, dan nilai r hitung sebesar 0,865. Dengan mempertimbangkan hal ini, hipotesis H0 diterima, hipotesis Hi diterima. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat minat siswa secara keseluruhan memengaruhi hasil belajar tari mereka. Kata kunci: hubungan, minat siswa, hasil belajar, tari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriwen, R. U., & Yuliasma, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Visual Pada Pembelajaran Seni Tari Di SMA Negeri 1 Padang Ganting. Jurnal Sendratasik, 10(2), 21-30.

Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah. Malang Press.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka. Cipta.

Grunebaum, J. O. (2003). Friendship: Liberty, Equality, and Utility. Albany: State. University of New York Press

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Prayadi, H. Y., Sumaryanto, S., Rismayanti, C., Pambudi, A. F., Sari, I. P. T. P., & Dwihandaka, R. (2024). Korelasi Pengetahuan Literasi Fisik (Physical Literacy) dengan Aktivitas Fisik (Physical Activity) Pada Mahasiswa UNY di Masa New Normal. Majora: Majalah Ilmiah Olahraga, 30(1), 17-22.

Purwanto, Ngalim. (1988). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rahmadani, R., & Yuliasma, Y. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Seni Budaya Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Solok Selatan. Jurnal Sendratasik, 12(1), 64-75.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistyowati, Endah, (2012). Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta, Citra AjiParama.

Syam, M., & Haikal, M. F. (2024). Determinasi Minat Baca Anak di Taman Baca Masyarakat Desa Percut. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 8(1), 256-265.

Yuliasma, 2015. Mengembangkan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Menari di Tingkat Pendidikan Dasar. Padang: (ISLA) – 4 FBS Proceding

Published

2024-03-01

How to Cite

Rahmadhona, R., & Yuliasma. (2024). Hubungan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Tari Siswa SMP Negeri 41 Padang. SAAYUN, 2(1), 38–49. https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.62