Indah Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Di Kelas VII SMPN 13 Padang
Keywords:
korelasi, hasil belajar, pembelajaran tariAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran tari di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional untuk memastikan hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas VII.9 dan VII.10 SMP Negeri 13 Padang. Populasi penelitian terdiri dari semua 68 siswa dari kedua kelas, dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk menilai hasil belajar siswa. Penelitian ini menilai motivasi belajar dan hasil belajar semester ganjil untuk tahun akademik 2024/2025, yang dilakukan dari Juli-Desember. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang kuat antara hasil belajar siswa dan motivasi belajar. Nilai r hitung sebesar 0,686 melebihi nilai r tabel sebesar 0,235 pada tingkat signifikansi 5%, yang menunjukkan hal ini. Akibatnya, hipotesis nol (H₀) ditolak, dan hipotesis alternatif (H₁) ditegaskan. Ini merupakan korelasi signifikan antara kegembiraan siswa dalam belajar dan prestasi akademis mereka di kelas tari.Downloads
References
Afriwen, R. U., & Yuliasma, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Media Visual Pada Pembelajaran Seni Tari Di SMA Negeri 1 Padang
Ganting. Jurnal Sendratasik, 10(2), 21-30.
Aprilianti, D., Herawati, Novia H., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh pemberian Hadiah Terhadap
Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen Pada Siswa SMP. Parole : Jurnal Pendidikan
Bahasa
dan
Sastra
Indonesia,
(3),
-432.
https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2836
Faizah, H., & Kamal R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. JURNAL BASICEDU, 8(1), 467-476.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6735/3208
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal
PendidikanManajemen
Perkantoran,
(1),
-117.
https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8111/5134
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding
Seminar Nasional Matematikan dan Pendidikan Matematika, 659–663.
Umami, Fitri U. I., & Sobri, M. (2022). Nilai-Nilai Kerja Keras ( Kreatif, Rajin, Ulet, Teliti,
Tekun, Komitmen, Disiplin, dan Berilmu) dan Cinta Tanah Air Dalam Islam. EL-HIKAM
:
Journal
Of
Education
and Religious Studies, 15(1), 107-129.
https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/166/115
Yuliasma. (2023). Model Pembelajaran Tari Menggunakan Cerita di Sekolah Dasar. 1, 19–26.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2025 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.