Indah Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Di Kelas VII SMPN 13 Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.109

Authors

Keywords:

korelasi, hasil belajar, pembelajaran tari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran tari di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional untuk memastikan hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas VII.9 dan VII.10 SMP Negeri 13 Padang. Populasi penelitian terdiri dari semua 68 siswa dari kedua kelas, dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk menilai hasil belajar siswa. Penelitian ini menilai motivasi belajar dan hasil belajar semester ganjil untuk tahun akademik 2024/2025, yang dilakukan dari Juli-Desember. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang kuat antara hasil belajar siswa dan motivasi belajar. Nilai r hitung sebesar 0,686 melebihi nilai r tabel sebesar 0,235 pada tingkat signifikansi 5%, yang menunjukkan hal ini. Akibatnya, hipotesis nol (H₀) ditolak, dan hipotesis alternatif (H₁) ditegaskan. Ini merupakan korelasi signifikan antara kegembiraan siswa dalam belajar dan prestasi akademis mereka di kelas tari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuliasma

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran tari di SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional untuk memastikan hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa di kelas VII.9 dan VII.10 SMP Negeri 13 Padang. Populasi penelitian terdiri dari semua 68 siswa dari kedua kelas, dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel untuk penelitian ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner untuk menilai hasil belajar siswa. Penelitian ini menilai motivasi belajar dan hasil belajar semester ganjil untuk tahun akademik 2024/2025, yang dilakukan dari Juli-Desember. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang kuat antara hasil belajar siswa dan motivasi belajar. Nilai r hitung sebesar 0,686 melebihi nilai r tabel sebesar 0,235 pada tingkat signifikansi 5%, yang menunjukkan hal ini. Akibatnya, hipotesis nol (H₀) ditolak, dan hipotesis alternatif (H₁) ditegaskan. Ini merupakan korelasi signifikan antara kegembiraan siswa dalam belajar dan prestasi akademis mereka di kelas tari.

References

Afriwen, R. U., & Yuliasma, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan

Menggunakan Media Visual Pada Pembelajaran Seni Tari Di SMA Negeri 1 Padang

Ganting. Jurnal Sendratasik, 10(2), 21-30.

Aprilianti, D., Herawati, Novia H., & Isnaini, H. (2019). Pengaruh pemberian Hadiah Terhadap

Minat Siswa dalam Menulis Teks Cerpen Pada Siswa SMP. Parole : Jurnal Pendidikan

Bahasa

dan

Sastra

Indonesia,

(3),

-432.

https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2836

Faizah, H., & Kamal R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. JURNAL BASICEDU, 8(1), 467-476.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/6735/3208

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal

PendidikanManajemen

Perkantoran,

(1),

-117.

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8111/5134

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding

Seminar Nasional Matematikan dan Pendidikan Matematika, 659–663.

Umami, Fitri U. I., & Sobri, M. (2022). Nilai-Nilai Kerja Keras ( Kreatif, Rajin, Ulet, Teliti,

Tekun, Komitmen, Disiplin, dan Berilmu) dan Cinta Tanah Air Dalam Islam. EL-HIKAM

:

Journal

Of

Education

and Religious Studies, 15(1), 107-129.

https://ejournal.iainh.ac.id/index.php/elhikam/article/view/166/115

Yuliasma. (2023). Model Pembelajaran Tari Menggunakan Cerita di Sekolah Dasar. 1, 19–26.

Published

2025-02-12

How to Cite

Nopriani, I., & Yuliasma. (2025). Indah Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Di Kelas VII SMPN 13 Padang. SAAYUN, 3(1), 37–50. https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.109

Most read articles by the same author(s)