Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Kelas VII di MTsN 1 Kota Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v1i1.22

Authors

  • Jhenya Adha Lestari Jhenya adha lestari Universitas Negeri Padang
  • Universitas Negeri Padang

Keywords:

Meningkatkan, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Mobile Learning, pembelajaran seni tari, media audio visual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menambah hasil belajar siswa kelas VII dengan memakai media audio visual pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari) di MTsN 1 Kota Padang. Penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian ini dengan cara melakukan observasi dan tes.Data dianalisis dengan memakai rumus persentase untuk menghitung hasil belajar tari siswa.Penelitian ini menunjukkan bahwa pemakaian media audiovisual  pada pembelajaran tari kelas VII.7 MTsN 1 Kota Padang bisa menambah hasil belajar dan membuat siswa terlibat langsung pada pembelajaran khususnya pembelajaran latihan tari. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa kemampuan siswa tidak mengalami peningkatan. Nilai rata-rata keseluruhan adalah 78,68% dengan 19 siswa tidak lulus dan 12 siswa lulus. Pada siklus II, guru terus meningkatkan metode pengajarannya dengan memakai media audio visual dan mendorong siswa untuk lebih memperhatikan pelajaran.Pada musim gugur kedua, jumlah rata-rata siswa meningkat, yaitu. 87,54, dan jumlah mahasiswa yang lulus bertambah 28 orang dan yang tidak lulus sebanyak 3 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-05-05

How to Cite

Jhenya adha lestari, J. A. L., & Yuliasma. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Siswa dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Kelas VII di MTsN 1 Kota Padang. SAAYUN, 1(1), 108–116. https://doi.org/10.24036/sy.v1i1.22