Pengembangan Media Pembelajaran Tari di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan

https://doi.org/10.24036/sy.v2i2.77

Authors

Keywords:

media pembelajaran, power point interaktif, tari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang bervariasi, suasana kelas tidak kondusif yang mengakibatkan siswa tidak fokus pada pelajaran, guru merasakan kewalahan dalam menerangkan pelajaran menggunakan buku cetak panduan, dan media yang digunakan belum menggunakan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran tari di SMPN 2 Koto XI Tarusan. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, prosedur pelaksanaan model ADDIE dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: 1) Analyse, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluate dengan lembar validasi dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari tiga orang validator dan 20 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Hasil penelitian ini media menggunakan powerpoint Interaktif pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari) kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dikategorikan sangat valid dengan presentase ahli desain yaitu 92% dan hasil sangat valid dari ahli media 90% dan ahli materi kategori valid 84% dan hasil kuis peserta didik diperoleh hasil 82% sangat praktis. Dengan demikian media powerpoint interaktif dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran seni tari dengan topik sejarah tari dan fungsi tari di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuliasma

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang bervariasi, suasana kelas tidak kondusif yang mengakibatkan siswa tidak fokus pada pelajaran, guru merasakan kewalahan dalam menerangkan pelajaran menggunakan buku cetak panduan, dan media yang digunakan belum menggunakan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran tari di SMPN 2 Koto XI Tarusan. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, prosedur pelaksanaan model ADDIE dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: 1) Analyse, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluate dengan lembar validasi dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari tiga orang validator dan 20 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Hasil penelitian ini media menggunakan powerpoint Interaktif pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari) kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dikategorikan sangat valid dengan presentase ahli desain yaitu 92% dan hasil sangat valid dari ahli media 90% dan ahli materi kategori valid 84% dan hasil kuis peserta didik diperoleh hasil 82% sangat praktis. Dengan demikian media powerpoint interaktif dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran seni tari dengan topik sejarah tari dan fungsi tari di Indonesia.

References

Hiedayat, S. W., & Sulistyowati. (2010). Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI)

tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII

SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya,

(1), 86–99.

Kristanto, A. (2010). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata

Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di

SMAN 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 10(2),

–25.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Soedarsono, Sp., (1990) Tinjauan Seni. Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni Yogyakarta:

Suku Dayar Sana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta

Yuliasma, (2015). Mengembangkan kreativitas siswa melalui pembelajaran menari di

tingkat pendidikan dasar. Padang: (ISLA) – 4 FBS Proceding

Published

2024-11-01

How to Cite

Khairinnisa Fitri, & Yuliasma. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tari di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. SAAYUN, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.24036/sy.v2i2.77