Pengembangan Media Pembelajaran Tari di SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan
Keywords:
media pembelajaran, power point interaktif, tariAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang kurang bervariasi, suasana kelas tidak kondusif yang mengakibatkan siswa tidak fokus pada pelajaran, guru merasakan kewalahan dalam menerangkan pelajaran menggunakan buku cetak panduan, dan media yang digunakan belum menggunakan powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran tari di SMPN 2 Koto XI Tarusan. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, prosedur pelaksanaan model ADDIE dilaksanakan dalam lima tahap yaitu: 1) Analyse, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluate dengan lembar validasi dan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dari tiga orang validator dan 20 orang peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan. Hasil penelitian ini media menggunakan powerpoint Interaktif pada mata pelajaran Seni Budaya (Tari) kelas VII SMP Negeri 2 Koto XI Tarusan dikategorikan sangat valid dengan presentase ahli desain yaitu 92% dan hasil sangat valid dari ahli media 90% dan ahli materi kategori valid 84% dan hasil kuis peserta didik diperoleh hasil 82% sangat praktis. Dengan demikian media powerpoint interaktif dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran seni tari dengan topik sejarah tari dan fungsi tari di Indonesia.Downloads
References
Hiedayat, S. W., & Sulistyowati. (2010). Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI)
tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII
SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya,
(1), 86–99.
Kristanto, A. (2010). Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata
Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di
SMAN 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 10(2),
–25.
Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Soedarsono, Sp., (1990) Tinjauan Seni. Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni Yogyakarta:
Suku Dayar Sana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta
Yuliasma, (2015). Mengembangkan kreativitas siswa melalui pembelajaran menari di
tingkat pendidikan dasar. Padang: (ISLA) – 4 FBS Proceding
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.