Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas X SMA Don Bosco Padang

https://doi.org/10.24036/sy.v1i1.20

Authors

  • Anjelly Wulan Suci Universitas Negeri Padang
  • Yuliasma Universitas Negeri Padang

Keywords:

Persepsi Siswa, Kurikulum Merdeka, SMA Don Bosco

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan "Persepsi Siswa terhadap Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas X di SMA Don Bosco Padang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode  deskriptif. Instrument dari penelitian ini adalah peneliti sendiri, dibantu dengan pendukung lain berupa kuesioner (angket). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu. (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) angket. Selanjutnya analisis isi pada penelitian ini dilakukan dengan langkah kerja sebagai berikut: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Selanjutnya dilakukan uji validasi dan reabilitas menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan, (1) berdasarkan hasil wawancara didapatkan lebih dari delapan puluh persen siswa dari jumlah responden mengatakan setuju terhadap penerapan kurikulum merdeka, karena dengan adanya kurikulum merdeka ini membantu siswa untuk menggali potensi, lebih percaya diri, dan meningkatkan kreatifitas, (2) persepsi siswa terhadap kurikulum merdeka pembelajaran seni tari yang terdiri dari 2 indikator  menunjukkan nilai dengan rata-rata 7,75 dan 6,80 dengan hasil TCR 80,03% pada indikator penerimaan kategori baik, 70,2% pada evaluasi kategori baik. Dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap kurikulum merdeka pembelajaran seni tari  tidak buruk.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewi Nisrina (2023).Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri se- Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi.FMIPA. UNP

Hadiyanto.(2012). Pengelolaan Pembelajaran Seni Patung Berorientasi Pengembangan

Kreatifitas Siswa di SMAN 13 Kabupaten Tanggerang.

Hamid, H. (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Senayan: IAIN-palangkaraya

Lao, H. A., & Hendrik, Y. Y. C. (2020). Implementasi kebijakan kemerdekaan belajar dalam proses pembelajaran di Kampus IAKN Kupang-NTT. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2),

-210.

Lothar Martius (2016). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Berbasis

Lembar Kerja Siswa (LKS) di SMP Negeri 13 Padang.Skripsi. FBS.UNP

Moleong, Lexy J. (2007).Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi.Bandung : PT Remaja

Rosdakarya.

Muliardi, M. (2023).Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum

Merdeka di Madrasah.Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 2(1), 1-12.

Putri Yulianti (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Seni Budaya di Kelas XI SMA Negeri 1 Solok.Skripsi.FBS.UNP

Published

2023-05-05

How to Cite

Wulan Suci, A., & Yuliasma. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Kurikulum Merdeka Seni Tari Kelas X SMA Don Bosco Padang. SAAYUN, 1(1), 188–197. https://doi.org/10.24036/sy.v1i1.20