Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tari di SMA Negeri 1 Padang Bolak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran tari di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Padang Bolak dan sampelnya adalah kelas X-5 dengan memakai teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis (soal objektif), observasi dan teks. Metode analisis data menggunakan uji-t dengan menggunakan software SPSS.Downloads
References
Arsyad, Azhar. (edisi terbaru 2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja. Grafindo Persada
Basri, I. U. B. I. U., & Yuliasma, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Model CTL terhadap Hasil
Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di SMK N 1 Pariaman. SAAYUN, 1(1), 15
Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, & Rahayu, T. (2018). Comparison of
mathematical representation skill and science learning result in classes with problem
based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113.
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika
Aditama.
Muthahharah, M., Ananda, N., Rantelino, N. P., & Rismayani, R. (2022). Pengembangan
Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Materi Kepramukaan untuk Anak
Sekolah Dasar. Techno. Com, 21(3), 596-612.
Shinta, E. F., Yuliasma, Y., & Susmiarti, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair, Share (TPS) Dalam
Pembelajaran Seni Tari Kelas VII 3 di SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Sendratasik, 4(2),
-46.
Saayun, Vol 2 No 2, 2024
Saayun: Jurnal Ilmiah Pendidikan Tari
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful, Bahri. dan Zain, Aswan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Wardhana, Wisnoe, (1990). Pendidikan Seni Tari; Buku Sekolah Menengah Pertama,
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran
dengan aplikasi macromedia flash pada mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi
Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195-210.Sugiyono (2014
Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun
Pelajaran 2019/2020.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 SAAYUN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.