Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tari di SMA Negeri 1 Padang Bolak

https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.96

Authors

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning dalam pembelajaran tari di SMA Negeri 1 Padang Bolak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Padang Bolak dan sampelnya adalah kelas X-5 dengan memakai teknik random sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tertulis (soal objektif), observasi dan teks. Metode analisis data menggunakan uji-t dengan menggunakan software SPSS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (edisi terbaru 2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Pt Raja. Grafindo Persada

Basri, I. U. B. I. U., & Yuliasma, Y. (2023). Pengaruh Penggunaan Model CTL terhadap Hasil

Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di SMK N 1 Pariaman. SAAYUN, 1(1), 15

Ertikanto, C., Rosidin, U., Distrik, I. W., Yuberti, & Rahayu, T. (2018). Comparison of

mathematical representation skill and science learning result in classes with problem

based and discovery learning model. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 106–113.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2012). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika

Aditama.

Muthahharah, M., Ananda, N., Rantelino, N. P., & Rismayani, R. (2022). Pengembangan

Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Materi Kepramukaan untuk Anak

Sekolah Dasar. Techno. Com, 21(3), 596-612.

Shinta, E. F., Yuliasma, Y., & Susmiarti, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan

Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Pair, Share (TPS) Dalam

Pembelajaran Seni Tari Kelas VII 3 di SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Sendratasik, 4(2),

-46.

Saayun, Vol 2 No 2, 2024

Saayun: Jurnal Ilmiah Pendidikan Tari

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, Bahri. dan Zain, Aswan. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Wardhana, Wisnoe, (1990). Pendidikan Seni Tari; Buku Sekolah Menengah Pertama,

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Wulandari, T. J., Siagian, S., & Sibuea, A. M. (2019). Pengembangan media pembelajaran

dengan aplikasi macromedia flash pada mata pelajaran matematika. Jurnal Teknologi

Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 195-210.Sugiyono (2014

Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa

Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun

Pelajaran 2019/2020.

Published

2024-11-01

How to Cite

Nindi Marbun, & Yuliasma. (2024). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Tari di SMA Negeri 1 Padang Bolak. SAAYUN, 2(2). https://doi.org/10.24036/sy.v2i1.96