Ashya Sesvi Divanda Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa di SMPN 1 Kota Solok
Keywords:
Meningkatkan, Hasil Belajar, Seni Tari, STADAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni tari siswa kelas 9I SMPN 1 Kota Solok melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang penelitian ini yakni model pembelajaran yang digunakan sebelumnya belum efektif dalam meningkatkan pengetahuan tari siswa, serta interaksi dan kerja sama dalam kelompok masih rendah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes pengetahuan, dan tes praktik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari 54% pada siklus I menjadi 73% pada siklus II. Rata-rata nilai juga meningkat dari 75,4 (17 siswa tuntas) pada siklus I menjadi 83 (26 siswa tuntas) pada siklus II.Downloads
Download data is not yet available.
References
Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., Cahyuni, R., & Khotimah, K. (2023).
Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas
Mahasiswa, Vol.1 No.2(2), 107.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran Menciptakan Pembelajaran yang
Kreatif dan Efektif. In Prenada Media.
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. In Rajawali Pers.
Yuliasma, Nerosti, Afifah Asriati, & Desfiarni. (2023). Dance Learning Model Using Stories
in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(1), 19–26.
Published
2025-03-01
How to Cite
Ashya, A. S. D., & Yuliasma. (2025). Ashya Sesvi Divanda Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tari Siswa di SMPN 1 Kota Solok. SAAYUN, 3(1), 144–151. https://doi.org/10.24036/sy.v3i1.125
Issue
Section
Articles
Copyright & Licensing
Copyright (c) 2025 SAAYUN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.